Jumat, 06 Maret 2015

Mengenal Tiers dan Level Creator

Dalam dunia developer dan creating di IMVU terdapat fitur tiers dan level. Seperti yang saya jelaskan pada postingan sebelumnya (Mengenal Lebih dalam Apa Itu Creator). Disini, IMVU Creator memiliki 7 tingkat atau level dan 21 tiers point. Level adalah tingkat dari creator tersebut dalam berkreasi, sedangkan tiers point adalah tingkatan kecil pada setiap metrics, yang terdiri dari 4 tiers point yaitu point 0, point 1, point 2, dan point 3. Tiers point yang berpengaruh terhadap level, kelipatan 3 dari tiers point akan menaikkan 1 level. Menarik bukan? Tungu sebentar, saya sangat mengharapkan sahabat menyukai fanspage Dunia Imvu di Facebook ! Thanks :-)

A. Metrics

Bagian yang dapat mempengaruhi tingkatan (level) disebut metrics. Lihat gambar dibawah ini, terdapat 3 bagian metrics utama yaitu:
  • - Core metrics
  • - Unique metrics
  • - Spare metrics (unused)

Gambar Tier Level Creator

Adapun pembagian setiap metrics dijelaskan sebagai berikut.

1. Core metrics

Core metrics ini adalah pengaruh inti atau pengaruh terpenting pada tiers creator. Semakin tinggi core metrics dapat dipastikan produk dari creator anda sangat diminati di IMVU. Core metrics juga tidak dapat berubah posisinya, artinya urutannya akan terus menerus seperti itu. Berikut ini adalah tabel core metrics sekaligus berapa banyak upaya untuk mendapatkan tier point 1, 2 atau 3.

a. Sales Direct
Point 1
Point 2
Point 3
2076+
2700+
3574+
Sales direct adalah jumlah produk yang terjual secara langsung dari katalog/shop anda, baik dibeli dengan credit real maupun credit promo.

b. Sales Derived
Point 1
Point 2
Point 3
4499+
7499+
9999+
Sales derived adalah jumlah produk yang terjual dari katalog/shop orang lain yang telah melakukan derivation dari produk anda, baik dibeli dengan credit real maupun credit promo.

c. Income (credit)
Point 1
Point 2
Point 3
60000+
90000+
110000+
Income credit adalah total keuntungan (credit) dari hasil penjualan produk Anda yang telah dibeli dengan credit real.

d. Income (promo credit)
Point 1
Point 2
Point 3
45000+
72000+
90000+
Income credit adalah total keuntungan (credit) dari hasil penjualan produk Anda yang telah dibeli dengan credit real.

Note: Nilai point-point di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan IMVU.

2. Unique metrics

Unique metrics ini adalah pengaruh keunikan atau pengaruh sesuai keinginan kita. Berbeda dengan core metrics, urutan unique metrics akan berubah menurut point terbesar dari apa yang kita lakukan selama 3 bulan terakhir. Nantinya akan diambil 3 metric yang tertinggi tier pointsnya dan yang 2 sisanya akan masuk ke Spare metrics (Unused). :)

a. CC Forum Post
Point 1
Point 2
Point 3
15+
31+
40+
Content Creator Forum Post adalah jumlah akumulasi postingan (post/comment) Anda di forum berikut, CCGen Forum, forum 3D, Tekstur Forum dan Sticker Forum, yang membantu pengguna lain, meminta bantuan, memberi bantuan atau bergabung dalam percakapan yang relevan. Posting Spam anda dikeluarkan (booted) oleh moderators dan tidak dihitung terhadap nilai tingkat posting forum Anda.
Note: Per 2019 CC Forum Post tidak bisa lagi digunakan.

b. Products Recently Submitted
Point 1
Point 2
Point 3
56+
100+
170+
Products recently submitted adalah jumlah akumulasi selama tiga bulan terakhir produk yang telah Anda upload. Jadi apapun yang dilakukan sebelum tiga bulan terakhir tidak akan dihitung dalam metrik ini. Biasanya tiers akan di auto update pada tanggal 1 setiap awal bulan (sekitar tanggal 1 jam 15.00 WIB).

c. Products in The Catalog
Point 1
Point 2
Point 3
120+
180+
242+
Products in the catalog adalah total dari semua item dalam katalog Anda. Ini adalah salah satu metric yang selalu update seperti yang Anda kirimkan (tanpa menunggu auto update). Semua metric lainnya hanya dipererbarui ketika Tiers diupdate setiap awal bulan.

d. Peer Review Activity
Point 1
Point 2
Point 3
1050+
1459+
2553+
Peer review activity adalah jumlah Peer Review yang Anda lakukan selama tiga bulan terakhir. Informasi mengenai Peer Review dan langkah-langkahnya akan dibahas di posting berikutnya.

e. Product Rating
Point 1
Point 2
Point 3
?
?
4,8+
Product rating adalah rerata penilaian produk-produk yang ada di katalog Anda yang diperoleh ketika produk Anda dibeli kemudian direview seseorang. Orang tersebut meninggalkan pesan (write review) dengan cara menanggapi dan memberi tanda jalapenos. Metric ini sangat mudah untuk mendapatkan 3 points dengan trik yaitu kita sendiri yang menilai produk kita dengan 5 jalapenos.

Note: Nilai point-point di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan IMVU.

B. Biaya Submission (Submission Cost)

Ternyata level mempengaruhi biaya submission, biaya submission adalah biaya yang anda harus bayarkan pada IMVU, selain biaya derivation saat melakukan uploading product. Nah, berikut adalah biaya submission untuk masing-masing level.
- Tier 0 submission fee 500 credits you need 0 points
- Tier 1 submission fee 450 credits you need 1-3 points
- Tier 2 submission fee 400 credits you need 4-6 points
- Tier 3 submission fee 350 credits you need 7-9 points
- Tier 4 submission fee 300 credits you need 10-12 points
- Tier 5 (PRO) submission fee 250 credits you need 13-15 points
- Tier 6 (PRO) submission fee 200 credits you need 16-18 points
- Tier 7 (PRO) submission fee 150 credits you need 19-21 points 

C. Waktu Kenaikan Tiers dan Level

Hanya daftar referensi untuk tier dan level masa depan. Setiap bulan akan terupdate 3 sebelumnya, misalnya sekarang bulan January, maka data yang kita gunakan yaitu bulan Oktober-November-Desember. Ini adalah daftar yang membantu anda untuk melihat waktu tersebut:
- January: October, November and December
February: November, December and January
March: December, January and February
April: January, February and March
May: February, March and April
June: March, April and May
July: April, May and June
August: May, June and July
September: June, July and August
October: July, August and September
November: August, September and October
December: September, October and November

Ingat! Semua tier metrics akan diupdate setiap bulannya kecuali Products in Catalogue.

Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila terlalu susah untuk dipahami, untuk itu saya mengharap anda dapat memberi masukan yang membangun untuk tercapainya kesempurnaan Dunia Imvu selanjutnya. Thanks.

Sumber: Forum Resmi Imvu

Tidak ada komentar:
Write komentar