Rabu, 24 Juni 2020

STUCK vs #DarkTrain Plagiat? Ini Penjelasannya



INTRO
Halo temen-temen semua, ketemu lagi dengan mimin dunia imvu. Alhamdulillah sekarang sudah agak longgar kerjaan realnya, jadi sudah bisa main IMVU lagi dan sedikit-sedikit bisa jualan lagi. Hehehe

Okay langsung kita bahas tentang room kali ini. Nah, postingan ini menjawab dari pertanyaan temen yang baru join di IMVU. Dia menanyakan kemiripan di dua room terkenal di Indonesia. Dan sesuai judul, room itu adalah room STUCK dan #DarkTrain. Okay, ayuk kita belajar sama-sama disini tentang room, plagiasi atau bukan.



PERSAMAAN
Apa saja sih yang identik dari room STUCK dan #DarkTrain? Simak penjelasan duniaimvu berikut ini ya.

1. Derived from same stuff
Jika kalian creator atau paham akan derivable stuff maka hal ini tidak asing bukan. Setiap produk IMVU memiliki produk induk yang sering kita namakan mesh (produk induk). Bukan hanya room, tapi baju, celana, accessories juga memiliki mesh. Dalam hal ini, mesh awal dari room STUCK ataupun #DarkTrain adalah sama, yaitu room yang dibuat oleh creator XSeeth dengan nama produk “xs WAGON” atau kalian bisa liat link disini. Bahkan, terdapat pula room buatan creator lain yang mirip dengan room tersebut. Kalian bisa mengeceknya dengan cara klik tulisan “Derivations” dibayah tombol Buy Product. 

2. Bahasa Indonesia
Baik STUCK maupun #DarkTrain menggunakan “Bahasa Indonesia” sebagai bahasa utamanya. Penentuan bahasa penting di Public Room IMVU sebagai filter pengguna untuk menyeleksi orang ada di dalamnya dan orang yang akan dia ajak bersosialita (ngobrol) disana. Jika room disetting menggunakan Bahasa Indonesia maka kemungkinan besar orang yang masuk adalah orang yang bisa menggunakan Bahasa Indonesia, misalnya atau orang Indonesia, Malaysia, dan Singapore.



PERBEDAAN
Setelah kita mengetahui persamaannya, kita harus juga memperhatikan perbedaannya untuk memastikan hal itu plagiat atau tidak. Nah, berikut adalah perbedaan kedua room tersebut menurut duniaimvu:
1. Base Room
Perbedaan yang paling mencolok antar kedua room ini ada di Base Room. Base room adalah room utama yang digunakan di awal pembuatan room di IMVU. Base room STUCK adalah room dengan nama “wægn 亀” yang dibuat oleh pemilik room sendiri NyuPe. Sedangkan room #DarkTrain yang dimiliki oleh SYOE base roomnya adalah room “Cat~ Abandoned Wagon" dari creator Catabilly. Hal yang menarik dibahas yaitu masalah ranking product. Setelah dilihat di Derivations list, room creator Catabilly adalah room dengan ranking pertama dari derivations, artinya room yang mirip #DarkTrain cenderung lebih banyak ditemukan karena produk di ranking pertama adalah produk yang paling laris dibeli.

2. Isi dalam Room
Jika kita melihat dari isi dalam room, room STUCK cenderung lebih minimalis. Produk di dalam roomnya hanya terdiri dari base room, spot berdiri dan spot duduk saja. Disisi lain #DarkTrain: Room, Spot berdiri, spot duduk, mp3, lazy dc machine, cuddling pose, dll.

3. Tema Room
Stuck bertemakan gerbong kereta dengan kabut putih, ada banyak bercak darah, lebih ke thriller. Sedangkan #DarkTrain bertemakan gerbong kereta dengan kabut hitam nuansa gelap dan sunyi.



KESIMPULAN
  • Walaupun room STUCK dan #DarkTrain memiliki persamaan di suatu bagian, namun bukan berarti kemiripan itu adalah sebuah plagiasi/peniruan. Produk IMVU sering kali memiliki banyak kemiripan bahkan bisa saja sama persis karena diderive dari produk yang sama (produk induk). Sebab untuk menilai itu plagiat perlu kajian yang mendalam. Dan bukti bukan plagiasi dapat kita temukan di beberapa perbedaannya, yang paling gampang yaitu tentang tema roomnya.
  • Baik Stuck maupun #DarkTrain pembuatnya memiliki andil besar terhadap user imvu lainnya yaitu menyediakan ruang untuk chatting dalam game. So kalian, enjoy ajalah sudah dibuatkan room. :)

Okay sahabat duniaimvu, sekarang kita tahu kan hal baru tentang room di IMVU. Jadi, jadilah IMVU Player yang cerdas dan mari kita saling menghargai satu sama lain untuk IMVU Indonesia yang lebih baik.


Tidak ada komentar:
Write komentar